Niat Tayammum Dan Tata Cara Bertayammum Yang Benar

Niat Tayammum Dan Tata Cara Bertayammum Yang Benar - Tayammum adalah mengusap muka dan dua belah tangan dengan debu atau tanah yang suci. Pada suatu waktu tayamum bisa jadi pengganti wudhu dan mandi dengasn syarat-sayarat tertentu. Lalu bagaimana melakukan tayamum yang benar? Untuk melakukan tayammum yang benar Kita haruslah mengetahui niat tayammum dan tata cara bertayammum yang benar. Ada beberapa hal yang patut di ketahui diantaranya :





Punya Masalah Sakit maag? silakan klik Obat Sakit Maag

Niat Tayammum Dan Tata Cara Bertayammum Yang Benar


1. Syarat-syarat tayammum
  • Tidak ada air dan sudah berusaha mencarinya, tetapi tidak ketemu
  • berhalangan menggunakan air, seperti sedang sakit, apabila terkena air penyakitnya akan bertambah parah
  • Telah masuk waktu Shalat
  • Dengan tanah atau debu yang suci
2. Fardu Tayammum
  • Niat dalam hati (untuk shalat) Lafadz niat Tayammum adalah : Nawaitut-tayammuma li istibaahatish-shaalati fardhal lillahi ta'aalaa.  Kemudian meletakan kedua belah telapak tangan diatas debu untuk diusapkan ke muka.
  • Mengusap muka dengan telapak tangan dengan dua kali usapan
  • Mengusap dua belah tangan hingga siku-siku dengan tanah atau debu dua kali
3. Sunah Tayammum
  • Membaca basmalah (Bismillaahir-rahmaanir-rahiim)
  • Mendahulukan anggota yang kanan dari pada yang kiri
  • Menipiskan debu 
4. Perkara yanga membatalkan Tayammum
  • Segala hal yang membatalkan wudhu
  • Melihat air sebelum shalat, kecuali yang bertayammum karena sakit
  • Murtad, keluar dari Islam 

Punya Masalah Sakit Maag? silakan klik Obat Sakit Maag


Itulah tentang niat Tayammum dan tata cara bertayammum yang benar.
Previous
Next Post »

33 komentar

Click here for komentar
March 10, 2013 at 5:24 AM ×

Terima Kasih gan,sangat membantu banget

Balas
avatar
admin
March 19, 2013 at 4:24 AM ×

thanks gan. sangat membantu

Balas
avatar
admin
March 20, 2013 at 7:09 AM ×

makasih banget < besok di tes tayamum nih gan >

Balas
avatar
admin
Anonymous
April 25, 2013 at 9:34 AM ×

mathur tengkyu, buat bekel naek gunung :D
aer susah hehe

Balas
avatar
admin
Anonymous
May 13, 2013 at 2:42 AM ×

thank's banget gan.,

Balas
avatar
admin
Anonymous
July 18, 2013 at 1:27 AM ×

orang yang tengok blok ni x pandai baca...exept aku

Balas
avatar
admin
Anonymous
October 1, 2013 at 3:10 PM ×

Hatur nuhun gan :) sangat membantu :)

Balas
avatar
admin
October 2, 2013 at 2:59 PM ×

Semoga ilmunya berkah selalu, sobat....

Balas
avatar
admin
October 8, 2013 at 7:36 PM ×

sangat membantu buat para pendaki

Balas
avatar
admin
October 9, 2013 at 11:50 PM ×

bagus ulasannya ustad

Balas
avatar
admin
Ana
November 6, 2013 at 1:24 AM ×

thanks banget nih.....,..

Balas
avatar
admin
Anonymous
November 6, 2013 at 3:47 AM ×

Makasih atas informasinya

Balas
avatar
admin
November 11, 2013 at 3:27 AM ×

thank you gan, bikin nilai gue bagus

Balas
avatar
admin
February 19, 2014 at 4:54 AM ×

makasih :) sangat membantu. cz bwt UPRAK besok :)

Balas
avatar
admin
February 21, 2014 at 5:54 PM ×

Makasih gan niat nya. Besok ujian praktek soalnta

Balas
avatar
admin
Anonymous
February 21, 2014 at 6:12 PM ×

Makasih banget gan ^_^

Balas
avatar
admin
Anonymous
March 8, 2014 at 6:50 AM ×

Makasih sangat membantu nih dikit lagi mau ujian praktik tayamum :)

Balas
avatar
admin
March 11, 2014 at 1:55 AM ×

Alhamdulillah sy bisa mengerti

Balas
avatar
admin
Anonymous
March 23, 2014 at 5:48 AM ×

makasih

Balas
avatar
admin
Anonymous
April 26, 2014 at 9:22 AM ×

dalam hadist hanya disebutkan mengusap masing2 sekali. dan mengusp tangan hanya sampai pada pergelangan tangan (tidak sampai pada siku) . tolong disebutkan sebuah hadits yg menjadi dasar mengusapkannya sampai siku...sukron. mungkin bisa jadi masukan bagi ana...
Tata cara tayammum Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam dijelaskan hadits ‘Ammar bin Yasir rodhiyallahu ‘anhu,
بَعَثَنِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فِى حَاجَةٍ فَأَجْنَبْتُ ، فَلَمْ أَجِدِ الْمَاءَ ، فَتَمَرَّغْتُ فِى الصَّعِيدِ كَمَا تَمَرَّغُ الدَّابَّةُ ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ « إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكَ أَنْ تَصْنَعَ هَكَذَا » . فَضَرَبَ بِكَفِّهِ ضَرْبَةً عَلَى الأَرْضِ ثُمَّ نَفَضَهَا ، ثُمَّ مَسَحَ بِهَا ظَهْرَ كَفِّهِ بِشِمَالِهِ ، أَوْ ظَهْرَ شِمَالِهِ بِكَفِّهِ ، ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam mengutusku untuk suatu keperluan, kemudian aku mengalami junub dan aku tidak menemukan air. Maka aku berguling-guling di tanah sebagaimana layaknya hewan yang berguling-guling di tanah. Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam. Lantas beliau mengatakan, “Sesungguhnya cukuplah engkau melakukannya seperti ini”. Seraya beliau memukulkan telapak tangannya ke permukaan bumi sekali pukulan lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan)nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri)nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.[16]
Dan dalam salah satu lafadz riwayat Bukhori,
وَمَسَحَ وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ وَاحِدَةً
“Dan beliau mengusap wajahnya dan kedua telapak tangannya dengan sekali usapan”.
Berdasarkan hadits di atas kita dapat simpulkan bahwa tata cara tayammum beliau shallallahu ‘alaihi was sallam adalah sebagai berikut.
• Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan kemudian meniupnya.
• Kemudian menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
• Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
• Semua usapan baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja.
• Bagian tangan yang diusap adalah bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja atau dengan kata lain tidak sampai siku seperti pada saat wudhu[17].
• Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil.
• Tidak wajibnya urut/tertib dalam tayammum.

________________________________________

Balas
avatar
admin
May 7, 2014 at 3:36 AM ×

terus bagaimana kalau ada air tapi airnya tak suci...?

Balas
avatar
admin
July 8, 2014 at 2:40 AM ×

Thanks ya udah berbagi pengalaman kebetulan mau mudik nih jadi bisa dipraktekin di bus entar soalnya perjalanan gue dua hari dua mlm di bus jd gak ada halangan utk sholat walau dlm bus sekalian,sukses gan

Balas
avatar
admin
July 20, 2014 at 7:51 PM ×

alhamdulillah, terima kasih ilmunya.

Balas
avatar
admin
July 25, 2014 at 2:20 PM ×

Makasih ustadz...sgt membantu

Balas
avatar
admin
Anonymous
September 12, 2014 at 7:46 PM ×

sangat membantu bagi daerah yang susah air/kekeringan


kunjungi web kami www.permataqadri.com



Balas
avatar
admin
Anonymous
October 8, 2014 at 2:26 AM ×

Mksihhhh.. Aq lg sakit pns nih. Smg dbls oleh alloh.¶¶¶¶¶

Balas
avatar
admin
November 4, 2014 at 2:13 AM ×

Thanks makasih niatx,sangat membantu soalx sya bsok praktek,sekali lagi thanks

Balas
avatar
admin
fay
November 13, 2014 at 4:38 PM ×

Terima kasih. Ini yang saya cari

Balas
avatar
admin
Anonymous
November 28, 2014 at 4:00 AM ×

terima kasih

izin niru niatnya, ada yang tanya.

Balas
avatar
admin
December 13, 2014 at 12:16 AM ×

Sangat membantu terimakasih

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment