Pengertian 6 Rukun Iman

Pengertian 6 Rukun Iman - Sebagai umat muslim, selain mengetahui dan menjalankan 5 rukun Islam. Ada hal yang paling penting lainnya, yang menjadi pedoman Kita dalm menjalani hidup di dunia dan kelak di akhirat. Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan tentang pengertian 6 rukun iman.

Pengertian 6 Rukun Iman
Pengertian 6 Rukun Iman

6 Rukun Iman


Pengertian 6 rukun iman haruslah Kita pahami dan jalankan. Jangan sampai Kita memahami, tapi tidak melaksanakannya. Berikut ini adalah 6 rukun iman

  1. Iman kepada Allah.
  2. Iman kepada para malaikat.
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah.
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul. 
  5. Iman kepada had akhir (kiamat).
  6. Iman kepada Qodar Allah yang baik atau yang buruk.

Pengertian 6 Rukun Iman

  1. Iman Kepada Allah SWT. Iman kepada Allah SWT harus Kita pegang teguh. Dari mulai mengetahui sifat yang wajib di Allah yang mustahil di Allah dan yang wenang di Allah. Selain itu Kita harus meyakini dalam hati, bahwa tidak ada lagi Tuhan yang patut Kita sembah, Patut Kita taati perintah dan larangannya, kecuali Allah SWT.
  2. Iman kepada Malaikat Allah. Malaikat ialah mahkuluk gaib yang diciptakan Allah dari cahaya, dengan ketaatan selalu menjalankan perintah Allah dan kesanggupannya untuk beribadah kepada Allah. Kita harus percaya bahwa makhluk ciptaan Allah yang bernama malaikat itu ada.
  3. Iman kepada Kitab-kitab Allah. Kita harus percaya akan adanya Kitab-kitab Allah yang pernah diturunkan kebumi. Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, Kita harus percaya dan menjalankan apa yangterkandung didalam Al-Qur'an.
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul. Keempat Kita harus yakin kepada Nabi dan Rosul Allah, bahwa mereka diutus oleh Allah untuk menjalankan dan menyebarkan agama Allah.
  5. Iman kepada hari akhir. Beriman kepada hari akhir artinya kita meyakini tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, seperti lahirnya dajjal turunnya Isa as. Datangnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari  barat. Kemudiaan diangkatnya ilmu dari muka bumi yang ditandai dengan wafatnya para ulama, semakin banyak terjadi perzinaan, amanah tidak lagi dijalankan, urusan diserahkan kepada yang bukan ahlihnya, jumlah perempuan jauh melebihi jumlah lak-laki dan terjadi kekacauan dan pembunuhan dimana-mana. Dan Harus percaya ahwa hari akhir itu pasti akan terjadi. Soal kapan waktunya. Hanya Allah yang tahu. Tiadak ada seorang pun yang mengetahuinya kecuali Allah.
  6. Iman kepada Qada dan Qadar. Kita harus percaya bahwa segalasesuatu hal baik yang baik taupun yang buruk itu atas kuasa Allah.
Itulah sekilas tentang pengertian 6 rukun iman. Semoga bisa menambah wawasan Anda. Amiin. Wallahu A'lam bimurodih.

Labels: Rukun

Thanks for reading Pengertian 6 Rukun Iman. Please share...!

Back To Top