Pengertian Dan Tanda Baligh Dalam Islam

Pengertian Dan Tanda Baligh Dalam Islam - Baligh merupakan batasan awal seorang muslim untuk menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya. Pada masa ini juga ibadah seperti sholat dan yang lainnya dinyatakan sah. Tentu saja sedari kecil harus diajarkan dan dibiasakan, supaya pas baligh sudah terbiasa dan tidak akan melanggarnya.
Pengertian Tanda Baligh Dalam Islam

Seorang anak yang sudah masuk baligh diwajibkan menjalankan semua perintah Allah seperti sholat, puasa dan yang lainnya. Tentu saja supaya pas waktu baligh bisa memenuhi kewajibannya haruslah diberi pelajaran atau ilmunya sejak masih kecil. Bisa dengan mendidiknya sendiri atau kalau Anda tidak cukup ilmunya titipkan ke kiayi, ustadz ulama atau ke pondok pesantren.

Bukan hanya seorang anak, Anda selaku orang tua juga harus mengetahui apa saja tanda baligh, dengan demikian Anda bisa memberitahukan kepadanya.

Pengertian Dan Tanda Baligh Dalam Islam

Ciri atau tandanya anak sudah masuk akil baligh itu ada 3. Diantaranya :

ﻓﺼﻞ ‏) ﻋَﻠَﺎﻣَﺔُﺍﻟْﺒُﻠُﻮْﻍِ ﺛَﻠَﺎﺙٌ : ﺗَﻤَﺎﻡُ ﺧَﻤْﺲَ ﻋَﺸَﺮَﺓَ ﺳَﻨَﺔً ﻓَﻲﺍﻟﺬَّﻛَﺮِﻭَ ﺍﻟْﺎُﻧْﺜَﻰ ﻭَ ﺍﻟْﺎِﺣْﺘِﻠَﺎﻡُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺬَّﻛَﺮِ ﻭَ ﺍﻟْﺎُﻧْﺜَﻰ ﻟِﺘِﺴْﻊِ ﺳِﻨِﻴْﻦَ ﻭَ ﺍﻟْﺤَﻴْﺾُ ﻓِﻲ ﺍْﻻُﻧْﺜَﻰ ﻟِﺘِﺴْﻊِ ﺳِﻨِﻴْﻦَ


  1. Sempurna umur 15 tahun bagi laki-laki dan perempuan. Jadi buat anak laki atau perempuan yang sudah sempurna umurnya 15 tahun itu sudah dimasukan dalam kategori baligh.
  2. Mimpi Jima' (bersetubuh) dan keluar mani' (sperma), mimpi basah' karena umur 9 tahun bagi laki-laki dan perempuan. Apabila seorang anak yang sudah berusia minimal 9 tahun terus mimpi bersetubuh dan keluar sperma itu sudah dinyatakan baligh.
  3. Haid (menstruasi) bagi anak perempuan karena umur 9 tahun. Seorang anak wanita yang sudah 9 tahun terus datang haid atau menstruasi itu sudah dinyatakan baligh.

Itulah ciri atau pengertian dan tanda baligh dalam islam baik bagi laki-laki atau perempuan. Semoga bermanfaat.
Labels: Baligh, Fiqih

Thanks for reading Pengertian Dan Tanda Baligh Dalam Islam. Please share...!

Back To Top