4 Hal Yang Membatalkan Wudhu

Setelah mengetahui tentang fardhu, syarat, dan cara berwudhu yang benar, selanjutnya Kita harus mengetahui tentang hal apa saja yang bisa membuat wudhu jadi batal. Jadi apabila melanggarnya Kita bisa kembali berwudhu.

4 Hal Yang Membatalkan Wudhu


Terkadang banyak yang mengira bersentuhan kulit dengan isteri atau pasangan tidak membatalkan wudhu.

Padahal itu salah, karena yang tidak batal saat bersentuhan itu hanya dengan yang haram dilakukan pernikahan.

Seperti, orang tua, saudara kandung atau saudara satu bapak, adik atau kakak dari bapak.

4 Hal Yang Membatalkan Wudhu

Berikut adalah hal yang membatalkan wudhu

ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﻧَﻮَﺍﻗِﺾُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﺍَﺭْﺑَﻌَﺔُﺍَﺷْﻴَﺎﺀَﺍَﻻَْﻭَّﻝُ ﺍَﻟْﺨَﺎﺭِﺥُ ﻣِﻦْ ﺍَﺣَﺪِ ﺍﻟﺴَّﺒِﻴْﻠَﻴْﻦِ ﻣِﻦْ ﻗُﺒُﻞٍ ﺍَﻭْﺩُﺑُﺮٍﺭِﻳْﺢٌ ﺍَﻭْﻏَﻴْﺮُﻩُ ﺍِﻻَّﺍﻟْﻤَﻨِﻲِّ ﺍَﻟﺜَﺎﻧِﻰ ﺯَﻭَﺍﻝُ ﺍﻟْﻌَﻘْﻞِ ﺑِﻨَﻮْﻡٍ ﺍَﻭْﻏَﻴْﺮِﻩِ ﺍِﻻَ ﻧَﻮْﻡَ ﻗَﺎﻋِﺪٍ ﻣُﻤَﻜَّﻦٍ ﻣَﻘْﻌَﺪَﻩُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺎَﺭْﺽِ ﺍَﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ﺍِﻟْﺘِﻘَﺎﺀُ ﺑَﺸَﺮَﺗَﻰْ ﺭَﺟُﻞٍ ﻭَﺍﻣْﺮَﺃَﺓٍ ﻛَﺒِﻴْﺮَﻳْﻦِ ﺍَﺟْﻨَﺒِﻴَّﻴْﻦِ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺣَﺎﺋِﻞٍ ﺍَﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ﻣَﺲُّ ﻗُﺒُﻞِ ﺍْﻻَﺩَﻣِﻰِّ ﺍَﻭْﺣَﻠْﻘَﺔِ ﺩُﺑُﺮِﻩِ ﺑِﺒَﻄْﻦِ ﺍﻟﺮَّﺍﺣَﺔٍ ﺍَﻭﺑُﻄُﻮْﻥِ ﺍﻟْﺎَﺻَﺎﺑِﻊِ


  1. Keluar sesuatu dari qubul atau dubur, misalnya keluar angin, buang air kecil maupun besar, kecuali mani
  2. Hilang akal sebab tidur atau lainnya seperti gila, pingsan, mabuk (kecuali tidurnya orang yang duduk yang tidak bergerak/tanpa bersandar). Tapi sebagian ulama, walaupun tidurnya duduk tetap bisa membatalkan wudhu.
  3. Bersentuhan kulit laki-laki dan perempuam yang bukan muhrimnya dengan tidak ada yang menghalangi
  4. Tersentuh kemaluan (qubul dan dubur) dengan telapak tangan atau jari dengan tidak ada yang menghalangi. Sebagian ulama juga berpendapat, tetap batal wudhunya walaupun menyentuh dengan punggung telapak tangan.

Semoga dengan mengetahui hal yang membatalkan wudhu ini bisa Kita gunakan sebagai acuan apabila Kita melanggarnya bisa berwudhu kembali. Selain 4 perkara yang tadi wudhu Anda tidak batal, seperti makan dan minum itu tidak membatalkan wudhu.