Niat Dan Doa Sesudah Wudhu Yang Benar

Niat Dan Doa Sesudah Wudhu Yang Benar - Niat wudhu merupakan salah satu fardhu atau rukun wudhu yang ada 6. Sedangkan doa setelahnya adalah bagian dari sunnah wudhu. Tentu saja namanya sunnah adalah apabila dikerjakan dapat pahala dan jika tidak dilakukan gak apa-apa.

Niat Dan Doa Sesudah Wudhu Yang Benar

Bacaan niat wudhu itu terbagi 2 ada yang di ucapkan dan ada yang di dalam hati. Bacaan yang masuk dalam rukun atau fardhu wudhu ialah di dalam hati. Sedangkan yang diucapkan dimulut itu sunnah.

Selanjutnya adalah kapan Kita niat wudhu? Apakah sebelumnya, saat membasuh telapak tangan atau dimana? Untuk niat wudhu yang benar adalah saat membasuh wajah. Tepatnya pas Kita mengucapkan fardhu pas air mengenai wajah. Jadi niat bukan saat membasuh telapak tangan. Penjelasan ini diambil dari fasal niat wudhu dalam kitab fiqih Safinah berikut kutipannya


ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﺍَﻟﻨِّﻴَّﺔُﻗَﺼْﺪُﺍﻟﺸَﻴْﺊٍ ﻣُﻘْﺘَﺮَﻧًﺎﺑِﻔِﻌْﻠِﻪِ ﻭَﻣَﺤَﻠُّﻬَﺎﺍَﻟْﻘَﻠْﺐُ
ﻭَﺍﻟﺘَّﻠَﻔُﻆُ ﺑِﻬَﺎ ﺳُﻨَّﺔٌﻭَﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﻋِﻨْﺪَﻏَﺴْﻞِ ﺍَﻭَّﻝِ ﺧُﺰْﺀٍﻣِﻦَ ﺍﻟْﻮَﺟْﻪِ
ﻭَﺍﻟﺘَّﺮْﺗِﻴْﺐُ ﺍَﻥْ ﻻَﻳُﻘَﺪَﻡَ ﻋُﻀْﻮًﺍﻋَﻠَﻰ ﻋُﻀْﻮٍ

Niat wudhu adalah bermaksud mengerjakan wudhu (mengucapkan niat wudhu). Tempatnya niat sendiri itu di dalam hati. Adapun mengucapkan dalam lisan itu termasuk sunnah. Waktunya niat saat hendak wudhu adalah ketika membasuh muka.

Bacaan Niat Wudhu Yang Benar Teks Arab Dan Latin


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀَ ﻟِﺮَﻓْﻊِ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ ﺍْﻻَﺻْﻐَﺮِ
ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitul wudhuu'a lirof'il-hadatsil ashghori fardhol lillahi ta'aalaa
Artinya : Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardhu karena Allah yang Maha tinggi

Do'a Sesudah Wudhu Teks Arab Dan Latin


ﺍَﺷْﻬَﺪُ ﺍَﻥْ ﻟَّﺎ ﺍِﻟٰﻪَ ﺍِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩٗ ﻟَﺎﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ , ﻭَﺍَﺷْﻬَﺪُ ﺍَﻥَّﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍﻋَﺒْﺪُﻩٗ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ. ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻰْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺘَّﻮَّﺍﺑِﻴْﻦَﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻰْ ﻣِﻦَﺍﻟْﻤُﺘَﻄَﻬِّﺮِﻳْﻦَ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻰْ ﻣِﻦْﻋِﺒَﺎﺩِﻙَﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦ

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah. Wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rosuuluh. Allaahummaj'alnii minat- tawwaabiina. Waj'alnii minal mutathohhiriin. Waj'alnii min 'ibaadikash-shoolihiin.
Artinya :
Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba- Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hambaMu yang shaleh.

Do'a setelah wudhu di atas juga sama seperti doa sesudah tayammum dan doa sesudah mandi wajib/junub.

Demikian penjelasan tentang bacaan niat wudhu dan doa sesudah wudhu yang benar. Semoga bisa bermanfaat. Aamiin
Labels: Bersuci, Fiqih

Thanks for reading Niat Dan Doa Sesudah Wudhu Yang Benar. Please share...!

Back To Top