Pengertian 17 Rukun Shalat

Pengertian 17 Rukun Shalat - Rukun sholat merupakan hal yang harus dilakukan saat mengerjakannya. Apabila salah satu dari rukun ini ditinggalkan, maka shalat yang dilaksanakan tidak sah. Tentu saja Kita tidak mau kalau setiap hari mendirikan sholat tapi tidak sah. Jadi alangkah lebih baik bertanya tentang hal ini.

pengertian 17 rukun shalat

Tempat bertanya paling tepat tentang tata cara sholat, syarat sholat, rukun sholat, sunnah-sunnah sholat dan bacaan dalam sholat adalah para ulama.

Pengertian rukun sholat yang ada 17 atau penjelasannya Saya ambil dari sumber kitab fiqih safinah. Mudah-mudahan bisa memberi pencerahan.

Rukun sholat ini diawali dengan niat sholat dan diakhiri dengan salam. Tentu saja kalau Kita ingin dapat keutamaan dan pahala yang lebih harus disertai dengan sunnah dalam pelaksanaannya. Jangan sampai saking buru-burunya, sholat dilakukan cuman cukup rukunnya saja.

Dalam sholat merupakan saat dimana hamba menghadap dengan Tuhannya Alloh SWT, di dalamnya juga ada puja, puji serta doa, jadi belajarlah terus untuk khusuk saat sholat. Saya sendiri sebenarnya masih terus belajar, jadi marilah Kita terus belajar dan meningkatkan sholat setiap harinya.

Pengertian 17 Rukun Shalat


ﻓﺼﻞ ‏) ﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺳﺒﻌﺔ ﻋﺸﺮ : ﺍﻷﻭﻝ ﺍﻟﻨﻴﺔ، ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ
ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ، ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺎﺩﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﺮﺽ،
ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ، ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ، ﺍﻟﺴﺎﺩﺱ
ﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﺔ، ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﺍﻹﻋﺘﺪﺍﻝ، ﺍﻟﺜﺎﻣﻦ ﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﻪ،
ﺍﻟﺘﺎﺳﻊ ﺍﻟﺴﺠﻮﺩ ﻣﺮﺗﻴﻦ، ﺍﻟﻌﺎﺷﺮ ﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﺔ، ﺍﻟﺤﺎﺩﻱ
ﻋﺸﺮ ﺍﻟﺠﻠﻮﺱ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﺠﺪﺗﻴﻦ، ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ
ﻓﻴﺔ، ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﺘﺸﮭﺪ ﺍﻷﺧﻴﺮ، ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ ﻋﺸﺮﺍﻟﻘﻌﻮﺩ
ﻓﻴﻪ، ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺳﻠﻢ، ﺍﻟﺴﺎﺩﺱ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﺴﻼﻡ، ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﺘﺮﺗﻴﺐ

Rukun Shalat ada 17


  1. Niat
  2. Takbirotul ihrom
  3. Berdiri bagi yang mampu
  4. Membaca surah Al-Fatihah
  5. Ruku'
  6. Tuma’ninah pada waktu ruku'
  7. I’tidal
  8. Tuma’ninah pada waktu I’tidal
  9. Sujud
  10. Tuma’ninah pada waktu sujud
  11. Duduk diantara dua sujud
  12. Tuma’ninah pada waktu duduk diantara dua sujud
  13. Tasyahud akhir
  14. Duduk pada saat tasyahud akhir
  15. Membaca sholawat Nabi SAW
  16. Salam
  17. Tertib harus berurutan


Niat, seperti yang sudah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya niat sholat yang termasuk rukun itu pada saat takbirotul ihrom di dalam hati sedangkan mengucapkannya dimulut sunnah.

Berdiri hanya diperuntukan bagi yang mampu. Adapun yang tidak mampu bisa sambil duduk. Saking wajibnya mengerjakan sholat fardhu 5 waktu, Kita tidak boleh meninggalkannya kecuali ada udzur. Tidak bisa berdiri, boleh sambil dudu, masih tidak bisa boleh sambil tidur miring, boleh juga sambil berbaring, masih jufa tidak bisa boleh pake isyarat.

Membaca surah Al Fatihah termasuk rukun sholat. Dalam membacanya Kita harus tepat tajwid dan tasydidnya. Intinya adalah harus benar-benar membacanya dari mulai panjang pendek dan tajwid yang lainnya. Untuk pembahasan surah Al Fatihah Saya akan jelaskan di artikel yang lain.

Untuk ruku', i'tidal, sujud dan duduk antara 2 sujud termasuk rukun, sedangkan bacaannya adalah sunnah.

Tuma'ninah adalah jeda seukuran membaca subhanalloh.

Salam yang termasuk rukun adalah yang pertama, atau yang saat menoleh ke kanan. Sedangkan yang kedua atau yang kekiri adalah sunnah. Jadi kalau Anda kentut yang merupakan hal yang membatalkan sholat pas setelah salam yang pertama, jangan lanjutkan ke salam yang kedua. Kalau di lanjutkan sholatnya batal atau tidak sah, sedangkan kalau stop di salan yang pertama sholatnya sah.

Tertib adalah mendahulukan rukun yang harus didahulukan dan membelangkan rukun yang harusnya di belakang. Istilahnya adalah berurutan.

Semoga dengan membaca artikel tentang pengertian rukun sholat di atas Kita bisa tahu dan menambah ilmu serta menigkatkan lagi ibadah terutama sholat. Aamiin.
Labels: Sholat

Thanks for reading Pengertian 17 Rukun Shalat. Please share...!

Back To Top