Pengertian Puasa Ramadhan Dan Dalilnya

Sebagaimana Kita ketahui dan dilakukan, pada bulan suci ramadhan, sebagai umat muslim baik laki-laki atau perempuan diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Karena peritah ini wajib, maka Kita akan dapat pahala kalau mengerjakannya dan bisa dapat dosa andai meninggalkannya.


Pengertian puasa atau definisinya adalah menahan makan dan minum juga semua yang bisa membatalkan puasa dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari (waktu sholat maghrib).

Sayannya sekarang banyak orang yang melalaikan kewajiban ini. Saat masuk bulan ramadhan muncul warung-warung makanan yang buka disiang hari. Biasanya pakai tirai, jadinya yang kelihatan cuman kaki-kaki dari orang yang tidak puasa. Ada juga yang bagian depannya tutup, tapi pintu belakang buka.

Parahnya lagi kalau dulu orang yang tidak puasa mereka malu dan sembunyi kalau sedang makan atau minum. Tapi sekarang, rasa malu itu seakan sudah hilang. Apalagi di kota-kota besar, mereka dengan sengaja makan, minum atau merokok di pinggir jalan. Semoga Kita tidak tergoda dan tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Untuk yang biasa jajan atau tidak berpuasa. Mudah-mudahan Alloh memberikan hidayah dan segera bertaubat juga bisa menjalankan puasa di tahun ini. Aamiin.

Pengertian Puasa Ramadhan Dan Dalilnya


ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻛَﻤَﺎ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻰ
ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻜُﻢْ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﺘَّﻘُﻮﻥَ

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (Al-Baqarah: 183)

Rasulullah SAW bersabda:

ﺑُﻨِﻲَ ﺍﻹِﺳْﻼﻡُ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻤْﺲٍ : ﺷَﻬَﺎﺩَﺓِ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﻥَّ
ﻣُﺤَﻤَّﺪَﺍً ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻭَﺇِﻗَﺎﻡِ ﺍﻟﺼَّﻼﺓِ، ﻭَﺇِﻳْﺘَﺎﺀِ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓِ، ﻭَﺣَﺞِّ
ﺍﻟﺒِﻴْﺖِ، ﻭَﺻَﻮْﻡِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ

Islam dibangun diatas lima perkara: kesaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwa
Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, melaksanakan haji, dan
berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebagaimana Alloh berfirman di dalam Al Qur'an puasa itu diwajibkan bagi Kita dan dalam sabda Rosululloh SAW Islam itu dibangun dari 5 perkara, salah satunya adalah puasa ramadhan.

Mudah-mudahan Kita senantiasa bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan serta ibadah lainnya dan selalu meningkatkannya. Amiin.
Labels: Fiqih, Puasa

Thanks for reading Pengertian Puasa Ramadhan Dan Dalilnya. Please share...!

Back To Top