Pengertian Rukun Atau Fardhu Wudhu

Pengertian Rukun Atau Fardhu Wudhu - Wudhu merupakan cara Kita untuk bersuci (thoharoh) atau menghilangkan hadats kecil. Entah itu saat akan mengerjakan sholat, towaf, memegang atau membawa Al Quran. Karena 4 hal tersebut haram dilakukan kalau Kita belum berwudu.

Pengertian Rukun Atau Fardhu Wudhu

Selain wajib dilakukan ketika mau mengerjakan 4 hal tadi, wudhu juga disunnahkan saat akan mengerjakan hal lainnya. Seperti sebelum mandi wajib/junub, sebelum tidur, sebelum membaca Al Quran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada artikel kali ini Pedoman Sholat akan menjelaskan secara singkat tentang pengertian rukun atau fardhu wudhu. Tentu saja Saya sangat menganjurkan lebih baik tanya langsung kepada para Kiyai, ustad, atau ulama. Jangan sampai perkembangan dunia digital membuat Kita jauh dengan para pewaris nabi tersebut.

Pengertian Rukun Atau Fardhu Wudhu

Langsung saja Kita ke pokok pembahasan. Rukun atau fardhu wudhu ialah hal atau pekerjaan atau gerakan saat berwudhu yang wajib dilakukan. Apabila salah satunya ditinggalkan, maka wudhu tidak akan sah. Dengan demikian sholatnya pun tidak akan sah. Mari Kita simak penjelasannya yang dikutip dari kitab fiqih Safinah


ﻓَﺼْﻞُ ‏) ﻓُﺮُﻭْﺽُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِﺳِﺘَّﺔٌﺍَﻟْﺎَﻭَّﻝُ ﺍﻟَﻨِّﻴَّﺔُﺍَﻟﺜَّﺎﻧِﻰ ﻏَﺴْﻞُ
ﺍْﻟﻮَﺟْﻪِ ﺍَﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ﻏَﺴْﻞُ ﺍْﻟﻴَﺪَﻳْﻦِ ﻣَﻊَ ﺍْﻟﻤِﺮْﻓَﻘَﻴْﻦِ ﺍَﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ﻣَﺴْﺢُ
ﺷَﻴْﺊٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮَّﺃْﺱِ ﺍَﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ﻏَﺴْﻞُ ﺍﻟﺮِّﺟْﻠَﻴْﻦِ ﻣَﻊَ ﺍﻟْﻜَﻌْﺒَﻴْﻦِ
ﺍَﻟﺴَّﺎﺩِﺱُ ﺍَﻟﺘَّﺮْﺗِﻴْﺐُ

  1. Niat
  2. Membasuh wajah/muka
  3. Membasuh kedua tangan sampai sikut
  4. Mengusap sebagian hal dari kepala (rambut)
  5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
  6. Tertib


Jadi rukun atau fardhu wudhu yang wajib dilakukan itu ada 6. Untuk niat wudhu yang termasuk wajib itu mengucapkannya di dalam hati, sedangkan ucapan mulut itu sunnah. Niat itu dilakukan pas membasuh wajah.

Membasuh muka atau wajah ialah rukun wudhu yang dilakukan dari mulai tumbuhnya rambut atas sampai ke dagu untuk bawah. Untuk sebelah sisi dari mulai atau sampai ke pentolan telinga kiri dan kanan.

Membasuh kedua tangan sampai ke siku. Jadi bukan cuman sampai ke pergelangan, melainkan sampai siku. Karena ada saja yang pas wudhu saat bagian membasuh kedua tangan cuman sampai pergelangan. Untuk berjaga-jaga lebih baik Kita membasuhnya melewati siku.

Mengusap sesuatu dari kepala yaitu rambut. Di sini ada beberapa perbedaan. Ada yang mengusap sedikit ada yang seluruh kepala. Sebenarnya semua sah saja. Karena minimal adalah mengusap 3 helai rambut kepala.

Membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Sama halnya seperti yang ke 3, untuk berjaga-jaga alangkah lebih baik lebihi ke atas dari mata kaki. Di sini juga banyak yang keliru saat mengerjakannya, entah karena tidak tahu atau buru-buru. Ada yang cuman membasuh asal-asalan seperti cuman membasuh separuh telapak kaki saja, dan ini jelas salah.

Tertib, pengertian tertib adalah berurutan. Jadi dari mulai no 1 sampai 5 itu haruslah berurutan. Tidak bisa Kita mengerjakan no 3 terlebig dahulu tanpa didahului no 1 dan 2.

Itulah penjelasan tentang pengertian rukun atau fardhu wudhu yang wajib dilakukan saat wudhu. Semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat. Aamiin.
Labels: Bersuci, Fiqih

Thanks for reading Pengertian Rukun Atau Fardhu Wudhu. Please share...!

Back To Top